Popular Entri

PEMANDANGAN DAN BEBERAPA TEMPAT MENGAGUMKAN DI DUNIA

Saturday 15 October 2016

IKAN IKAN DI LAUT YANG MEMPESONA

Laut di bumi ini telah menawarkan berbagai jenis makhluk hidup yang menakjubkan, beberapa ikan mempunyai warna, ukuran dan bentuk yang sangat menarik. Keunikan ikan laut banyak dipengaruhi karena iklim setempat, predator, intensitas cahaya, kadar garam, dll. Daftar ikan di postingan ini hanyalah sedikit dari jutaan ikan di laut yang unik, coba sebutkan ikan mana saja yang ada di akuarium anda.,?

Warna yang menonjol dari ikan ini adalah hitam, putih, dan kuning yang kontras membuatnya menarik di akuarium. kecuali sirip punggung semua sirip ikan ini relatif kecil, meskipun bentuknya seperti papan ikan ini mempunyai mulut yang kecil di ujungnya. Ikan ini sangat aktif berenang ketika berkelompok.

Di balik bentuknya yang unik ikan asli Indo-Pasifik ini masuk dalam genus ikan laut berbisa di sirip siripnya yang runcing. Ikan ini sangat familiar dan populer di kalangan hobiis aquarium ikan laut, selain bentuknya yang unik ikan ini punya banyak jenis. ikan ini dapat hidup hingga umur 15 tahun karena kemampuan mempertahankan dirinya, tetapi ikan jenis baracuda tahan terhadap bisa lionfish dan merupakan predator alami lionfish.

Ikan unik ini hanya bisa ditemukan di samudera Pasifik, warna dominan adalah biru tua dan ukurannya termasuk kecil tidak lebih dari telapak tangan orang dewasa. Meskipun bentuknya mirip ikan, hewan ini  masuk dalam spesies siput.

Ditemukan di sepanjang pantai selatan dan barat Australia ikan ini mampu berkamuflase seperti rumput laut yang mengambang tetapi berpenampilan seperti naga. Hal itu membuatnya dinamai Naga Laut Berdaun, masih satu spesies dengan kuda laut tetapi sedikit lebih besar. Makanan ikan ini adalah plankton dan krustasea kecil.

Ikan ini populer dengan nama ikan lembu tanduk panjang, meskipun eksotis tidak banyak aquarist air laut memelihara ikan ini karena perawatan termasuk sulit bahkan untuk yang sudah berpengalaman. Ketika mencari makan ikan karnivora ini menyemburkan jet air ke permukaan pasir untuk mencari mangsa yang tersembunyi. Kulit ikan lembu tanduk panjang juga beracun meskipun tidak mematikan.

Dikenal dengan nama kerapu bebek ikan ini cukup menarik perhatian dengan warna putih totol ketika dicampur ikan lain di akuarium. Ikan ini ditemukan di seluruh perairan tropis Indo-Pasifik Barat dan Tengah, berukuran paling besar 70 cm dan hidup di kedalaman 2-40 meter.

Ikan penyuka terumbu karang ini sangat populer di kalangan fotografer untuk kontes photoshoot, warna yang cerah beralur membuatnya sangat terkenal di kalangan bisnis akuarium air laut. Jika dipelihara ikan ini mudah stress jika tidak ada terumbu karang hidup di dalamnya dan sangat sukar bila dicampur ikan lain. Ikan ini bisa tumbuh hingga 8-15 cm.

Tubuh trunkfish memiliki sisik tebal seperti pelat, panjang maksimum tercatat hingga 47 cm. Meskipun ikan ini hidup di karang trunkfish menyukai berenang berkelompok, sekumpulan trunkfish yang membentuk heksagonal terlihat seperti sarang laba laba. Walaupun ikan ini berpotensi mengeluarkan zat beracun di beberapa daerah ikan ini dikonsumsi penduduk setempat.

Tubuh ikan ini sangat kekar dengan kepala yang besar dan terkenal dengan gigi yang kuat dan runcing. Ikan badut ditemukan di seluruh perairan karang tropis dari Samudera Hindia sampai barat Samudera Pasifik. Hidup di lubang karang sebagai rumahnya ikan ini sangat agresif bila wilayahnya diganggu ikan lain.

Ditemukan hampir di seluruh Samudera Hindia, Pasifik dan Atlantik menjadikan ikan ini sangat populer di seluruh dunia. Tubuh berbentuk kotak menjaga ikan ini berenang sangat stabil tetapi tidak memungkinkan untuk berenang cepat, bila stress atau terancam ikan ini melepaskan protein beracun dari kulitnya dan mematikan makhluk hidup di sekitarnya. Perkembangbiakan ikan ini hanya terjadi saat musim semi.

Tumbuh dengan panjang hingga 30 cm umumnya ditemukan di perairan Australia, spesies karnivora ini mendiami terumbu karang di kedalaman 5-35 meter. Ikan bergigi tajam ini adalah ikan asli dari barat Samudera Pasifik.

Banyak ditemukan di perairan laut dangkal Florida Selatan dan Laut Karibia, bila hanya ada satu ikan ini terlihat biasa saja menjadikannya ikan yang dikumpulkan dalam jumlah banyak di satu akuarium. Warna biru menyala akan terlihat ketika sekumpulan chromis berenang.

Ikan eksotis mana yang ada di akuarium anda.,?

No comments:

Post a Comment